Cara Merawat dan Memperbaiki Kulit Wajah Rusak Akibat Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit wajah yang sangat menyebalkan karena dapat membuat penampilan seseorang kurang menarik. Setelah sembuh pun, jerawat dapat meninggalkan kerusakan kulit, misalnya bekas bopeng dan kemerahan. Apakah kulit wajah rusak akibat jerawat dapat diperbaiki? Temukan jawabanya hanya di sini www.lulu-pages.com

Tentu saja dengan perawatan khusus, kerusakan kulit akibat jerawat dapat diperbaiki. Untuk kerusakan yang sifatnya ringan, Anda dapat melakukan perawatan kulit sederhana. Namun, jika kerusakan ini sifatnya parah, Anda tentu memerlukan bantuan profesional.

Cara Sederhana Merawat Kulit Wajah Rusak Akibat Jerawat

Jerawat umumnya timbul pada mereka yang memiliki kuit wajah sensitif atau berminyak. Pemicu timbulnya jerawat ini sangat beragam, contohnya ketidakseimbangan hormon, kurang rajin menjaga kebersihan kulit wajah, dan paparan sinar matahari berlebihan.

Untuk Anda yang mengalami kerusakan kulit wajah ringan karena jerawat, Anda dapat melakukan perawatan kulit sederhana di bawah ini.

  1. Jaga Kebersihan Kulit Wajah

Menjaga kebersihan kulit wajah tidak hanya dapat mencegah timbulnya jerawat, namun juga dapat membantu mengembalikan kecantikan kulit wajah. Hal ini karena membersihkan kulit wajah secara rutin dapat menghilangkan sel kulit mati, minyak, dan kotoran.

Beberapa produk pembersih wajah untuk kulit berjerawat biasanya juga mengandung salicylic acid. Zat ini dapat mempercepat penyembuhan jerawat karena sifatnya anti radang. Sehingga, bekas jerawat dan bopeng dapat dihindari. Zat tersebut juga efektif mencegah timbulnya jerawat.

2. Gunakan Skin care yang Tepat

Kulit wajah rusak akibat jerawat sangat memerlukan nutrisi untuk merangsang regenerasi kulit. Regenerasi yang berjalan dengan baik akan mengurangi bekas kemerahan akibat jerawat dan membuat kulit lebih halus.

Oleh karena itu, Anda perlu memilih skin care yang tepat. Pilihlah pelembap wajah atau serum yang sifatnya non-comedogenic. Selain itu, pastikan juga produk tersebut mengandung zat aktif yang dapat meregenerasi kulit secara efektif.

Beberapa bahan aktif yang dapat membantu mengurangi bekas kemerahan jerawat adalah niacinamide, retinol atau retinoid, azelaic acid, dan glycolic acid. Gunakan produk tersebut setelah membersihkan muka agar kulit wajah tetap lembap dan terawat.

3. Gunakan Tabir Surya Saat di Luar Ruangan

Sinar matahari dapat memperparah kerusakan kulit dan bahkan memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, Anda wajib menggunakan tabir surya saat berada di luar ruangan. Dengan demikian, kerusakan kulit wajah anda tidak semakin parah.

4. Gunakan Post-Acne Gel

Post-acne gel sangat bermanfaat untuk mengurangi bekas jerawat pada kulit wajah karena mengandung berbagai zat yang baik untuk menghilangkan bekas jerawat. Beberapa zat tersebut adalah niacinamide, Pionin, Allium cepa, serta MPS.

Memperbaiki Kerusakan Wajah Karena Jerawat dengan Bantuan Dokter

Pada banyak kasus, jerawat dapat menimbulkan bekas bopeng sehingga kulit wajah menjadi tidak rata. Untuk mengatasi kerusakan kulit ini, Anda perlu bantuan dokter. Dokter spesialis kulit dapat membantu memperbaiki tekstur kulit wajah anda melalui beberapa metode.

  1. Chemical Peeling: pengelupasan kulit wajah dengan bantuan zat kimia tertentu sehingga kulit wajah lebih halus.
  2. Derma Filler: metode suntik filler untuk mengubah wajah penuh bekas bopeng menjadi lebih halus.
  3. Mikrodermabrasi: perawatan kulit dengan metode pengelupasan yang cocok untuk menghilangkan bekas kemerahan dan bekas bopeng dangkal.
  4. Laser: terapi perawatan kulit menggunakan laser untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru sehingga bekas bopeng pun akan hilang.

Memperbaiki kulit wajah rusak akibat jerawat perlu ketelatenan dan treatment yang tepat. Perawatan di rumah umumnya hanya berhasil untuk bekas jerawat kemerahan. Sedangkan untuk mengatasi bekas bopeng, umumnya Anda perlu konsultasi dokter.

Leave a Comment

Your email address will not be published.